Sabtu, 09 Oktober 2010

Tugas II

>> SOAL <<

1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktifitas ekonomi ?
2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial ?,jelaskan !
3. Apa saja faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan ?
4. Tunjukan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro & makro dalam dunia usaha ? (jelaskan    dengan contoh )

>> JAWABAN <<



1.   a. Keinginan Manusia
    keinginan manusia pada dasarnya dibagi menjadi 2, yaitu keinginan pokok dan keinginan tambahan. keinginan pokok merupakan kebutuhan utama, sedangkan keinginan tambahan merupakan kebutuhan sekunder. karena keinginan inilah, manusia jadi banyak melakukan aktifitas sehari-hari, seperti makan, minum,berbelanja.dll

       b. Sumber-sumber daya
    Karena banyaknya sumberdaya di bumi kita ini yang berlimpah ruah, maka banyak bermunculan industri-industri besar/kecil yang menyerap banyak tenaga kerja, sehingga penduduk yang berada di daerah industri bisa melakukan aktifitas perekonomian untuk memenuhi keinginannya.


       c. Cara-cara berproduksi
     Banyak cara untuk melakukan kegiatan produksi, baik yang mudah sampai yang komplex. makin sulit tingkat pengerjaan dari suatu produksi, maka semakin mahal pula nilai jual dari produk yang diproduksi tersebut, hal ini membuat sebagian bahkan seluruh faktor produksi berlomba-lomba agar hasil produksi nya bisa diterima di masyarakat.


2.  Perusahaan adalah organisasi yang bertujuan mengoptimalkan pendapatan atau laba dengan mengolah bahan baku atau sumber daya alam yang ada,jadi sumber pendapatannya berdasarkan tingkat  keuntungan dari hasil penjualan produknya.sedangkan,
    Lembaga sosial adalah organisasi dalam bentuk kesadaran sosial yang dibentuk dan bertujuan    untuk dapat melayani masyarakat luas sesuai dengan bidangnya, dimana organisasi sosial mendapatkan pemasukan atau modal yang berasal dari sumbangan, hibah, atau subsidi dari pemerintah dan dermawan yang menjadi sumber pendapatannya.

3. Faktor penting yang mempengaruhi letak & tempat perusahaan adalah :

    -> Tujuan perusahaan
    -> Efisiensi perusahaan
    -> Daerah pemasaran produk
    -> Pindah tempat (tidak ekonomis dan peraturan pemerintah)

4. a).Lingkungan eksternal mikro yaitu lingkungan yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan       usaha/pemasaran.
    contoh :
    -> Pemasok : penyedia sumberdaya yang diperlukan untuk operasional perusahaan.
    -> Pesaing : keseluruhan barang & jasa maupun perusahaan yang menghasilkan produk untuk                  memperebutkan pasar yang sama. contoh : Antara perusahaan Honda dan Yamaha.
    -> Perantara : menyampaikan barang & jasa secara langsung atau tidak langsung dari pemasar ke konsumen. contoh : distributor/pengecer.

   b).Lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha/pemasaran.   
    contoh :
    -> kondisi perekonomian : pendapatan,investasi,tabungan.
    -> Hukum, politik dan peraturan pemerintah : hukum dagang,kebijakan-kebijakan.
    -> Kependudukan : penyebaran dan kepadatan penduduk.
    -> Keseimbangan lingkungan : SDA,ekosistem
    -> Teknologi : inovasi, pengembangan dan penggunaan teknologi.
    -> Sosial dan budaya : kultur dan etos kerja, globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar