Jumat, 01 April 2011

MENGENAI LABORATORIUM INTERNET DASAR UNIVERSITAS GUNADARMA


Halo agan/aganwati semua
Salam sejahtera untuk anda dan kita semua, disini ane mau ngejelasin dan juga mau ngenalin yang namanya laboratorium internet dasar yang ada di universitas gunadarma, kampus yang kita cintai ini. Sebelumnya maaf-maaf kata jika ada postingan yang kurang berkenan di hati pembaca. Langsung aja disimak !

Laboratorium Internet Dasar merupakan laboratorium computer yang dimiliki Universitas Gunadarma, dimana lokasi nya terletak di kampus D margonda, tepatnya di gedung 2 lantai 3.
Laboratorium ini diperuntukan bagi seluruh mahasiswa baru tingkat 1 Universitas Gunadarma.


Intermezzo: Semakin berkembangnya jaman dan era manusia pada saat ini, dan teknologi yang semakin canggih maka Kebutuhan akan internet dewasa ini sangat penting bagi kita semua yang ada di dunia ini untuk menunjang semua aktifitas kita, karena dengan internet kita jadi bisa lebih mudah mendapatkan informasi dari seluruh penjuru manapun tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Maka dari itu Universitas Gunadarma beserta Lembaga Pengembangan Komputerisasi (LepKom) Universitas Gunadarma membuat suatu laboratorium internet yang sengaja diperuntukan untuk mahasiswa gunadarma agar lebih mengenal dan memahami betul kegunaan internet, sekilas tentang laboratorium internet yang ada di Universitas Gunadarma yaitu, Di dalam laboratorium internet dasar terdapat beberapa computer yang tersedia untuk para mahasiswa dalam melakukan praktek serta teori mengenai computer. Disini kita diajarkan bagaimana cara menggunakan internet dengan baik serta sesuai prosedur, serta diberikan teori tentang bagaimana sejarah awal munculnya Internet dari masa awalnya hingga sekarang.

Dalam kegiatan nya, praktikum internet dasar ini diadakan sebanyak tiga kali pertemuan untuk seluruh jurusan, serta dibagi dalam 2 shift tiap kelas nya. Yang lama waktu praktikum sekitar 2 jam per shift. Sebelumnya, para praktikan diberikan modul yang bisa di download di blog : http://labintdash.blogspot.com ,  modul itu diberikan supaya para praktikan bisa membaca dan paham sebelum di mulainya praktek computer internet dasar. pada pertemuan pertama dan kedua, praktikan diberikan teori serta beberapa soal-soal yang harus dikerjakan oleh para praktikan. Kemudian di pertemuan ketiga atau yang terakhir, para praktikan harus menempuh ujian dari semua materi yang diberikan di pertemuan pertama dan kedua. Ujian bisa berupa tulisan atau lisan.

Untuk tata tertib bagi para praktikan seperti memakai kemeja dan celana bahan untuk praktikan laki-laki, serta kemeja dan rok bahan untuk praktikan wanita. Pada setiap pertemuan para praktikan harus mengerjakan laporan awal yang dikerjakan di ruang praktek, serta laporan akhir yang bisa dikerjakan di rumah. System penilaian di dalam lab yaitu ada yang namanya nilai MAX yaitu nilai tertinggi serta nilai +10 dan +5. Biasanya nilai-nilai itu bisa kita dapat jika kita bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tutor.Tutor yang mengajar kelas saya yaitu saudara Fauzi, di orang nya baik dan jelas bila sedang memberikan materi kepada para praktikan nya. Yang saya suka dari dia jika kita bisa mendapat 2 kali nilai MAX di pertemuan pertama dan kedua, otomatis di pertemuan ketiga kita bisa dan diperbolehkan untuk tidak mengikuti ujian.

Ada beberapa kekurangan yang ada di labratorium internet dasar yaitu fungsi dari internet itu sendiri, karena selama kita sekelas praktikum, internet yang ada di laboratorium tersebut tidak bisa digunakan diakibatkan karena ada gangguan dari server. Serta beberapa computer yang ada di laboratorium tersebut tidak bisa digunakan sesuai fungsinya. Karena terlihat dari umur computer yang sudah tua atau karena perawatan yang kurang.

Demikian postingan saya mengenai Laboratorium Internet Dasar, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih.



1 komentar: