Senin, 01 November 2010

Tugas IV

Merek   adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari hal-hal tersebut untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang atau sekelompok penjual dan untuk membedakan dari produk pesaing.
Contoh :  1. Produk sabun : Lux, Lifebuoy, Gif, dll.. 
               2. Produk Makanan ringan : Sari roti, Chitatos, Indomie dll.. 

Nama merek   merupakan nama dari sebuah merek itu sendiri, nama merek memliki arti yang sangat penting bagi sebuah produk, sebagai contoh jika kita ingin menciptakan sebuah peluang usaha, maka nama memiliki arti yang sangat penting, apalagi jika nantinya usaha tersebut berkembang besar.
            Contoh :  1. Honda merupakan nama merek dari sepeda motor
                           2. Mercedes-Benz merupakan nama merek dari mobil


Logo à  adalah imej pembayang atau simbolik, suatu tanda nama yang mewakili asal usul, pengenalan sesuatu organisasi syarikat atau barangan. logo diset dalam bentuk, warna, dan tulisan tertentu yang menmaparkan identiti sesuatu syarikat. bentuk, warna dan tulisan ini berfungsi sebangai pencetus satu ingatan orang ramai terhadap sesuatu syarikat atau barangan.
Contoh logo :













Merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya. 
Contoh :  1. Sepeda motor Tiger,Supra X,Vario merupakan merek dagang dari Honda 
               2. Sepeda motor Vixion, Jupiter-Z, Mio merupakan merek dagang dari Yamaha

Hak cipta adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan "hak untuk menyalin suatu ciptaan". Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas.
( lambang internasional: ©, Unicode: U+00A9 )
Contoh sertifikat hak cipta : 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar